Friday 11 November 2016

ASAM LAMBUNG, PENYEBAB ASAM LAMBUNG, FUNGSI ASAM LAMBUNG

Lambung merupakan salah satu organ pencernaan tubuh manusia. Lambung di bagi menjadi 3 bagian, yaitu :

Bagian Lambung

1. Kardiak ( bagian atas) letaknya dekat dengan hati dan merupakan pintu masuk makanan dari Esofogus (kerongkongan).
2. Fundus (bagian tengah) yang berbentuk bulat.
3. Pilorus (bagian bawah)  yang berhubungan dengan usus halus (duodenum).


Lambung berbentuk seperti kantong besar yang letaknya berada di bagian atas rongga perut. Di dalam lambung ada sebuah lapisan yang di sebut epithalium. Dan ephitalium memiliki kandungan kelenjar-kelenjar pencernaan.

Kelenjar yang di kandung oleh ephitalium menghasilkan senyawa bernama getah lambung. Dan getah lambung sendiri fungsinya adalah mencerna makanan.
Getah lambung terdiri dari
HCI (asam lambung)
Hormon gastrin
Enzim lipase.

Fungsi Enzim lipase adalah mencerna lemak trigliserida menjadi gliserol dan asam lemak. Fungsi Hormon gastrin adalah mengaktifkan kelenjar-kelenjar lambung supaya mengeluarkan getah lambung.

Baca juga : faktor penyebab asam lambung
Baca juga : gejala asam lambung

Asam lambung, fungsi asam lambung


Dalam dunia kimia Asam lambung di rumuskan dengan HCI atau asam klorida. Kadar HCI ini berkisar 0,5 % dari keseluruhan getah lambung. Fungsi dari HCI atau asam lambung adalah membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh bersama-sama dengan bahan makanan dan merubah pepsinoden menjadi pepsin. Dan juga merangsang usus dan pankreas untuk mencerna makanan. Selain itu asam lambung berfungsi untuk mempercepat reaksi antara protein, air dan pepsin.

Permukaan dinding lambung mengeluarkan lendir yang disebut mukus. fungsinya adalah melindungi lambung dari pepsin. Tapi, jika nilai lendir terlalu sedikit, atau sebalikya terlalu berlebihan, dapat menyebabkan luka pada dinding lambung. Proses inilah yang menyebabkan penyakit maag.

Asupan makanan yang masuk dari mulut, ketika sudah sampai di lambung langsung dicerna secara kimiawi . Di kedua ujung lambung terdapat dua klep ( sfingger) yang fungsinya adalah menjaga asupan makanan agar tetap berada di dalam lambung.  Dinding lambung mempunyai tiga lapisan otot
1. Otot melingkar
2. Otot memanjang
3. Otot menyerong

Kontraksi ketiga gerak otot menghasilkan gerak  peristaltik (gerak bergelombang). Lalu apa fungsi dari ketiga otot ini ??
Otot- otot tersebut berfungsi untuk mengikis makanan yang datang dari mulut menjadi ukuran yang lebih kecil, ketika ketiga otot berkontraksi dan menghasilkan gerakan gelombang(pristaltik). Maka makanan tersebut akan di aduk aduk sampai halus. Kalau di ibaratkan seperti blender yang mengaduk jus sampai halus.
Gerakan mengaduk terjadi terus menerus, baik saat lambung kosong ataupun saat lambung di penuhi dengan makanan. Mungkin Anda pernah mengalami perut berbunyi( kurubuk kurubuk heheh) seorang dokter mengatakan bahwa itu adalah bunyi ketika lambung sedang mengaduk makanan di dalamnya..

Penyebab Asam Lambung 


Penyakit asam lambung atau GERD singkatan dari Gastroesophageal Reflux Disease. Saat ini di Indonesia belum ada angka yang pasti mengenai jumlah penderita GERD, tetapi dari hospital base yang dapat ditelusuri ada sekitar 20 persen dari total pasien yang datang ke De partemen Ilmu Penyakit Dalam menyampaikan keluhan gejala GERD dari ringan hingga parah," kata Dr. Ari.

Setelah Anda tau sebagian istilah-istilah dalam lambung, saya akan jelaskan mengenai kronologi asam lambung.
Penyakit Asam lambung di sebabkan naiknya asam lambung menuju esofogus ( kerongkongan) Kondisi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus yang menyebabkan nyeri pada ulu hati atau rasa terbakar di dada. Esofogus ( kerongkongan) adalah organ dari saluran pencernaan yang menjadi penghubung antara mulut dan lambung.(mak comblang kali xixixi). Atas dasar inilah penyakit ini di beri nama Asam lambung. Jadi penamaan penyakit ini di kaitkan pada cairan asam pada lambung yang naik karna beberapa faktor.

Penyebab asam lambung biasanya akibat dari tidak aktif nya  lower eshopageal sphincter (LES). Apa itu LES ??
D
Baca juga : faktor penyebab asam lambung
Les adalah otot yang melingkar pada bagian bawah esofagus. Fungsinya adalah sebagai pintu masuk yang otomatis akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke perut. Setelah makanan berada didalam perut maka LES dengan sendirinya akan mengunci agar asam serta makanan atau minuman tidak naik kembali ke esofogus atau kerongkongan.
Jika LES tidak mengunci kembali dengan otomatis atau LES menjadi longgar dan tidak mengunci dengan baik, hal yang tidak di inginkan akan terjadi. Yaitu asam lambung akan keluar dari perut, dan inilah  penyebab terjadinya asam lambung.
Faktor penyebab asam lambung biasanya di kaitkan dengan berat badan berlebihan, konsumsi makanan yang kandungan lemaknya tinggi, kondisi hamil.
Semoga artikel ini membantu anda.
Terima kasih, silahkan berikan komentar.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments