Sunday 4 December 2016

Manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh

Selamat datang diblog informasikesehatan14.blogspot.com
memberikan berbagai informasi kesehetan, pencegahan, pengobatan dan oba-obatan alami. Artikel yang Anda baca sekarang adalah Manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh. Selamat membaca !!


Manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh
Manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh

Manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh. Alpukat ikut berkontribusi dalam kesehatan tubuh, kandungan gizi dan nutrisinya dapat melindungi diabetes dan kardiovaskular. Mengurangi resiko kanker dan kerusakan hati. Alpukat membantu menjaga mata tetap sehat dan melindungi dari gejala-gejala penuaan seperti keriput dan kerutan. Selain itu, alpukat juga dapat menjaga kulit dari sinar ultra violet yang berbahaya bagi kesehatan kulit.
Sebuah studi penelitian mengatakan biji alpukat bisa di gunakan untuk pengobatan diabetes, hipertensi, peradangan.
Studi yang lain nya menunjukan bahwa alpukat dapat meningkatkan asupan nutrisi termasuk mengurangi risiko sindrom metabolik.

Alpukat memiliki kadar asam lemak tinggi dan kolestrol rendah. Sering kali orang-orang berhenti menkonsumsi alpukat karena dapat meningkatkan berat badannya akibat kandungan kalorinya yang tinggi. Tapi di bandingkan dengan mentega dan makanan lainnya alpukat sangat rendah kalori. 
Selain rasanya yang nikmat, manfaat kesehatan alpukat terhitung menggiurkan.


Sejarah singkat

Alpukat dikenal dengan parsea americana, tumbuhan ini berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Pohon ini memiliki tinggi batang 20 meter dengan daun 12 sampai 25 meter cm. 
Buah alpukat di lapisi kulit lembut tak rata berwarna hijau keunguan dan kecoklatan, tergantung kematangan buah tersebut. Warna dagingnya hijau muda dekat kulit dan kuning dengan bijinya, teksturnya sangat lembut.

Spanyol memasuki wilayah meksiko dan amerika pada abad ke 16. Mereka menemukan berbagai tanaman termasuk alpukat. Martín Fernández de Enciso pemimpin pasukan spanyol, orang pertama yang memperkenalkan alpukat kepada penduduk eropa. Dia memperkenalkan alpukat pada tahun 1519 kepada penduduk eropa. Berarti sudah 500 tahun buah alpukat di kenal oleh penduduk eropa. Alpukat menyebar ke seluruh dunia termasuk indonesia. Sekitar abad 19 alpukat di perkenalkan oleh belanda ke indonesia. Berarti baru satu abad ada di Indonesia.


Nilai Gizi Dari Alpukat

Alpukat kaya akan nutrisi, vitamin dan mineral. Alpukat merupak sumber baik asam lemak tak jenuh dan kadar gula yang rendah. Buah ini mengandung zat besi, kalium, magnesium, fosfor dan seng.
Selain itu, juga mengandung vitamin C , B6, B-12, A, D, K, E, thiamin, riboflavin , dan niasin. Bisa diperkirakan, dalam satu porsi bisa memberikan 40% kebutuhan tubuh perharinya. Yang paling penting adalah alpukat mengandung senyawa organik seperti , karotenoid, flavonoid, pitosterol.


Manfaat Kesehatan Dari Alpukat

Banyak manfaat yang bisa kita gunakan untuk kesehatan dari buah ini. Kandungannya yang menggiurkan membuat kita tidak ragu memakan buah ini. Manfaat alpukat bagi kesehatan tubuh diantaranya :

Membantu saluran pencernaan
Alpukat mengandung serat larut dan non larut yang menjaga sistem pencernaan tetap lancar. Kedua nya sangat penting bagi pencernaan, hal ini dapat membantu 
Memastikan makanan tetap halus masuk saluran usus. Selain itu alpukat juga bisa mengurangi resiko sembelit dan diare, karena buah ini merangsang lambung dan pencernaan sehingga asupan nutrisi terserap dengan cepat dan efisien.

Bau mulut
Menkonsumsi alpukat membantu Anda mencegah bau mulut. Faktor utama bau mulut adalah gangguan pencernaan atau sakit perut. Bau mulut ini bisa di hilangkan dengan meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, flanoid anti bakteri dan antioksidan dalam alpukat dapat membunuh bakteri di mulut yang mengakibatkan bau mulut.

Kesehatan kulit dan rambut 
Alpukat kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan kulit Anda, menjaga kulit tetap sehat dan halus. Produk kosmetik sering menambahkan alpukat sebagai bahan utamanya, karena kandungan vitamin dan mineral dapat melindungi kulit dan membuat kulit tetap bersinar. Selain itu alpukat sering di gunakan untuk rambut rusak. Tidak sedikit orang menggunakan alpukat di jadikan masker kulit dan rambut.
Kandungan Beta karoten dan likopen cukup tinggi dalam alpukat. Keduanya dapat meningkatkan kesehatan kulit dan menghilangkan penuaan dini.

Liver 
Risiko kerusakan hati atau liver dapat berkurang dengan banyak menkonsumsi alpukat. Liver umumnya disebabkan hepatitis C, sebuah penelitian menujukan bahwa alpukat dapat menjadi alternative terbaik dengan cara mengencangkan dan melindungi hati dalam kondisi apapun.

Mata sehat



Alpukat dipercaya dapat menjaga mata Anda tetap sehat. Alpukat mengandung karotenoid seperti zeaxanthin dan lutein yang membantu mencegah mata Anda dari katarak, penyakit mata faktor usia dan degenerasi makula. Umumnya hal ituvterjadi akibat radikal bebas yang menumpuk di mata. Karotenoid dapat menetralisir dari radikal bebas berbahaya, sehingga mata Anda tetap sehat. 

Jantung
Jantung akan tetap sehat dengan konsumsi alpukat. Sebuah penelitian mengatakan bahwa alpukat dapat meningkatkan antiatherogenic kolestrerol HDL yang berfungsi menjaga jantung dari penyakit pembuluh darah arteriosclerotic.
Kandungan kalium dalam alpukat dapat meningkatkan pencegahan hipertensi. Kalium berfungsi merenggangkan pembuluh darah dan arteri yang tegang, akibatnya jantung akan terhindar dari serangan jantung dan stroke.

Mual-mual saat hamil (Morning Sickness)
Morning sickness adalah kondisi umum wanita hamil. Mungkin Anda pernah mencari cara mengatasi mual-mual ini, solusinya adalah buah ini. Alpukat di percaya dapat mengatasi mual-mual selama kehamilan dengan kandungan vitamin B6 yang dapat mengurangi mual dan muntah. 

Kanker
Penyakit kanker terdengar mengerikan, mungkin Anda ingin terhindar dari penyakit ini. Alpukat dapat menjadi alternative mengurangi risiko kanker, termasuk kanker payudara dan prostat. Alpukat mengandung lemak tak jenuh dan karo tenoid yang membantu menurunkan resiko kanker. 
Sebuah study melakukan penelitian kanker kulit, mulut dan prostat, hasilnya menunjukan senyawa organik alpukat dapat membuat sel kanker apoptosis (sel mati otomatis). 

Penuan dini
Menkonsumsi alpukat biasanya di kaitkan dengan masalah penuaan. Studi menujukan bahwa alpukat mengandung xantofil yang dapat menurunkan tanda-tanda penuaan pada anggota tubuh Anda. sehingga Anda akan tampak muda dan sehat setiap saat.

Kesehatan Tulang
Kandungan karotenoid dalam alpukat dapat menurunkan resiko cacat tulang( osteoarthritis).
Selain itu, seng, fosfor, dan sejumlah kalsium dan selenium yang ada pada alpukat bekerja menurunkan cacat tulang atau osteoporosis.

Atlet
Seorang atlet membutuhkan banyak energi dan harus menjaga tubuh tetap sehat. Alpukat menyediakan banyak nutrisi yang membantu tubuh Anda tetap berenergi dan tetap sehat. Selain itu alpukat mengandung fitokimia yang menjadi bahan bakar energi tubuh Anda.
Artikel lainnya : cara mengatasi ketombe

Artikel Terkait

Comments
0 Comments