Thursday 10 November 2016

Susah tidur, penyebab susah tidur, dan cara mengatasi susah tidur

Berawal dari banyaknya orang yang mengeluh susah tidur, Saya tergugah untuk membuat artikel ini. semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Cara mengatasi susah tidur – Anda susah tidur?Ingin tau cara mengatasinya ? Berikut kami sajikan cara mengatasi susah tidur....


Sudah menjadi syarat, setiap manusia pasti membutuhkan waktu untuk tidur. Jangankan manusia, hewan pun membutuhkan waktu untuk tidur. Karna setiap tubuh itu membutuhkan waktu istirahat, agar dapat beraktivitas dengan normal.
Namun bagaimana jika kita susah tidur ??? apakah berbahaya ??
Jika Anda tergolang orang yang susah tidur, segera atasi dan jangan Anda biarkan. Karna susah tidur dapat menimbulkan penyakit yang lain dan mengancam nyawa Anda.
Baca juga : cara mengatasi susah tidur dengan ramuan tradisional.

PENYEBAB SUSAH TIDUR, Cara mengatasi susah tidur

Banyak sekali penyebab susah tidur, antara lain stress, terlalu banyak pikiran, lingkungan tidak sehat,dan cuaca yang tidak mendukung, seperti udara dingin atau udara panas.

Biar lebih simple susah tidur di kategorikan dalam 4 macam.

1. Berhubungan dengan medis
Ada beberapa kondisi medis yang dapat mempengaruhi susah tidur Anda.
Entah kondisi medis tersebut ringan ataupun berat, sebaiknya Anda perhatikan barangkali Anda termasuk dalam kategori ini.
Di bawah ini beberapa kondisi medis yang dapat mempengaruhi susah tidur Anda.
  • Alergi hidung
  • gangguan pencernaan seperti reflux
  • Sendi membengkak (radang sendi)
  • penyakit asma
  • penyakit Parkinson (PENYAKIT YANG JARANG DI KETAHUI)
  • sakit punggung

Peringatan:
mengkonaumsi obat-obatan untuk tekanan darah tinggi, alergi pada hidung, jantung, penyakit asma ataupun tiroid dan yang lainnya juga bisa menjadi penyebab susah tidur Anda

2. Stress dan depresi


penyebab lain susah tidur malam hari atau insominia adalah stres dan depresi. Stres adalah Gangguan pada manusia atau gangguan emosi yang bisa mengakibatkan psikosomatis atau penyakit yang disebabkan gangguan emosi. Insomnia atau susah tidur bisa memberi dampak negatif pada suasana hati Anda.
Depresi adalah kodisi dimana suansana hati Anda tidak baik. Salah satu ciri depresi adalah putus asa,menyalahkan diri sendri.
Menurut study keduanya dapat menggangu pola tidur Anda

3. Perasaan cemas dan khawatir
Merasa cemas atau khawatir akan sesuatu, dapat memberikan dampak negatif pada pola tidur Anda.
Perasaan khawatir akan sesuatu yang dapat menganggu tidur Anda diantaranya :

Bernostalgia secara berlebihan
Memikirkan masa yang akan datang secara berlebihan (seperti cita-cita)
Banyaknya tanggung jawab dan tidak bisa mengaturnya.
terlalu banyak memikirkan beban

4. Keseharian
Tidur dapat di pengaruhi oleh gaya hidup Anda sehari- hari.
Tergantung Anda memilih gaya hidup yang mana. Jika keseharian Anda baik, seperti tidur teratur makan teratur dan sebagainya, maka Tidur Anda tidak akan terganggu.. Tetapi jika Anda memilih gaya hidup yang buruk, seperti bergadang, makan kalau mw saja, kurang minum dan lainnya, maka pola tidur Anda akan terganggu.

Bekerja pada malam hari dapat menyebabkan Anda sulit untuk tidur. Terkadang tidur di siang hari menjadi salah satu penyebab susah tidur di malam hari.

Waktu bekerja yang tidak menentu, kadang malam , kadang siang, atau sore, ini juga dapat menjadi faktor susah tidur Anda.
kebiasaan bergadang, biasanya orang-orang yang suka cankruan atau ngobrol sampai subuh.
Sebaik nya Anda hindari bergadang supaya terhindar dari gangguan susah tidur.

Cara mengatasi susah tidur


 1. Hindari alkohol
jika Anda pecandu alkohol sebaiknya Anda jauhkan alkobol dari kehidupan Anda.
Orang-orang mengklaim bahwa alkohol dapat menjadi solusi susah tidur, presepsi tersebut sangatlah tidak benar. Memang benar alkohol dapat membantu Anda tidur, tetapi tetap saja tidur anda sangat rendah. Akibatnya Anda akan sering terbangun di malam hari. Akibat lain lain nya adalah menurunkan kulaitas tidur REM, Sehingga meskipun anda tidur, anda tidak akan merasa lebih baik ketika bangun.

 2.Matikan lampu kamar



Terkadang kita mematikan lampu atau membiarkan lampu menyala saat mau tidur. Tetapi untuk mengobati gangguan susah tidur Anda dengan cepat yaitu dengan cara tidur dan kondisi lampu tidak menyala. Banyak orang melakukan cara ini, mungkin mereka beraangapan sama, bahwa mematikan lampu dapat membantu susah tidur Anda. Masih banyak cara untuk mengatasi susah tidur Anda, bahkan tanpa melakukan tindakan. Seperti minum susu hangat, disamping mengandung dzat bagus untuk tubuh juga bisa di gunakan untuk tidur yang nyenyak.

 3. Jangan merokok
Orang-orang mengatakan : laki- laki sejati adalah mereka yang merokok. Bulhsittttt!!!!!

laki- laki sejati ya mereka yang kuat di ranjang (hehehe ). Sebenarnya selain dari rokok tersebut dapat membahayakan tubuh Anda, juga bisa membuat Anda susah tidur. Jika Anda bersungguh- sungguh mau terbebas dari insomnia atau susah tidur, berhentilah merokok meskipun sulit. Dan bagi Anda yang tidak merokok jangan coba-coba merokok karna sangat membahayakan.

 4. Tidur secara teratur
Ini nih yang sering di lalaykan orang-orang, tidur secara teratur. Terkadang jam 8 malam sudah tidur, terkadang jam 10 baru tidur dan seterus nya. Sebenarnya rahasia orang sukses itu adalah mereka bisa mengatur waktu tidurnya. Karna seandainya waktu tidur tidak teratur otomatis aktivitas yang lain akan terganggu. Hindari lah tidur tidak teratur, karna itu bisa membuat Anda insomnia. Saya beri contoh semisal Anda tidur jam 7 malam , pada hari berikutnya harus jam 7 juga cobalah untuk disiplin, jangan sampai Anda lalaikan hal ini.

 5. hindari minum kopi malam hari


Biasanya perokok tidak sempurna jika tidak ada kopi, sudah menjadi syarat bagi perokok.
Tapi jika Anda penderita susah tidur dianjurkan hindari minum kopi malam hari. memang benar khasiat kopi sangat banyak seperti mencerdaskan otak, tapi ada efek negatifnya juga seperti pembahasan kita kali ini. Usahakan meminum kopi hanya pada siang hari, memang banyak godaan untuk berhenti minum kopi apalagi kalau kopi hitam, harumnya dan khas nya josss..
Terima kasih telah berkunjung .
Bantuin share yaa..

Artikel Terkait

Comments
0 Comments